Blog interviews 01: Alanda Kariza - Eliminating The Limits

Tuesday, December 28, 2010

Ingat gue pernah membahas tentang sebuah wawancara yang akan gue lakukan untuk blog post gue di sini?

Beberapa waktu yang lalu, akhirnya gue memberanikan diri untuk mengirimkan e-mail ke seseorang untuk menanyakan apakah dia bersedia untuk diwawancara dan hasil wawancara akan di-post di blog ini. Setelah menunggu seminggu, dia membalas e-mail gue tepat di hari natal tanggal 25 Desember kemarin. Gue benar-benar excited saat baca balasan e-mailnya yang menyatakan dia bersedia untuk diwawancara. Dia minta daftar pertanyaan wawancara dikirim ke dia dan dia akan menjawab semua pertanyaannya. Dua hari kemudian, gue menerima jawaban atas pertanyaan wawancara yang sudah diberikan dan HARI INI, gue akan mem-posting hasil wawancara yang sudah gue lakukan. Menjelang penutupan akhir tahun 2010, ini merupakan salah satu hal yang bisa gue lakukan untuk blog tercinta ini :D

PS: Gue melakukan wawancara ini dalam Bahasa Indonesia, gue nggak ada waktu untuk meng-translate lagi, maaf ya! *I did my interview in Indonesian, I don't have time anymore for translate it to English, so sorry!



***
Gue sering mendapatkan pertanyaan, "Siapa sih role model kamu?"
Selain keluarga, sahabat-sahabat terdekat, tentu gue punya role model lagi yang lain.
Gue pernah membahas tentang role model di blog gue yang lama, di situ gue menyebutkan nama role model gue, dia adalah Alanda Kariza.
Nggak banyak yang tahu siapa dia, tapi kalau kalian suka membaca buku/novel, kalian pasti mengenali namanya. Alanda nggak cuman seorang penulis novel biasa, menurut gue dia adalah salah satu contoh tokoh pemuda Indonesia yang berbakat dan patut dibanggakan.
Untuk lebih lanjut mengenai Alanda, langsung aja kita baca wawancara di bawah ini.

(words in the brackets are my thoughts!)

ImageHost.org


1. Starting from a basic question, siapa sih "Alanda Kariza"? deskripsiin tentang diri kamu sendiri (:
Mahasiswa jurusan International Business di BINUS International University, Jakarta.


2. Apa sih yang sering kamu lakukan kalau lagi waktu senggang? Lebih banyak menghabiskan waktu senggang sendirian, sama keluarga atau teman-teman?
Ngobrol dengan orang-orang terdekat, biasanya sambil makan. Keluarga, pacar, atau beberapa teman baik sejak SMP.


3. Waktu kecil, kamu pasti pernah ditanya soal cita-cita, apakah cita-cita kamu kecil dulu dengan saat ini sama? Apakah sudah tercapai?
Dari kecil punya cita-cita kuliah di jurusan Hukum. Sayangnya belum tercapai. Tapi lambat laun cita-cita berubah/berkembang kok. Saya senang dengan apa yang saya jalani saat ini.
(well, harusnya gue dan kita semua punya pikirian yang sama, senang menjalani apa yang dijalani saat ini!)


4. Ceritain dikit dong pengalaman kamu selama 5 minggu di US dalam menjalani Summer Course, apa aja yang kamu dapetin di sana? :D
Pengalaman, pelajaran, teman baru, dan pengetahuan mengenai budaya di Amerika Serikat khususnya.


5. Apakah kamu masih aktif menjadi volunteer untuk kegiatan-kegiatan sosial? terakhir yang aku tahu, kamu menjadi volunteer untuk "Little League Asia Pasific Baseball Tournament 2009" yah? Gimana rasanya menjadi seorang volunteer?
Menyenangkan. Acara itu bukan kegiatan sosial, tapi turnamen olahraga, jadi saya tidak hitung sebagai "menjadi sukarelawan". Tapi, sejauh ini saya menjalani kegiatan saya secara "sukarela" kok, termasuk di Indonesian Youth Conference lalu.

ImageHost.org

6. Selain nulis, passion-nya Alanda apalagi sih? 
 Hmmm, apa ya. Yang berani saya beri label "passion" baru menulis aja sih, karena nggak pernah bosan dan nggak pernah lelah. 
ImageHost.org
Saat peluncuran "Vice Versa".


7. Kamu sudah menerbitkan dua buku, salah satunya adalah kumpulan cerpen, apakah selanjutnya kamu akan menulis novel fiksi lagi? (I wish for Mint Chocolate Chips sequel :P) 
 Belum ada rencana. Sedang menulis buku non-fiksi. Semoga bisa rilis pertengahan 2011. Amin.  
(AMIN! Nggak sabar buku barunya Alanda!)
ImageHost.org
Novel pertama Alanda Kariza "Mint Chocolate Chips" (Terrant Books, 2005)

ImageHost.org
Kumpulan cerpen Alanda pada tahun 2005 sampai 2010 "Vice Versa" (Terrant Books, 2010)


8. Ceritain dong tentang "Eliminating The Limits" blog kamu ini dan akhirnya memutuskan untuk mengubahnya menjadi website pribadi sampai saat ini. Apa sih tujuan awal kamu nge-blog? Berbagi pendapat dan informasi. Lupa. Kalau tidak salah jadi website sekitar awal 2009. Tapi blogging sudah dari tahun 2005 bahkan 2004.

9. Sekarang lagi marak banget para blogger membukukan blog mereka sendiri, apakah kamu sendiri pernah mikir untuk membukukan blog kamu? 
 Tidak. 

10. Siapa saja yang menjadi inspirasi kamu saat menulis atau dalam hal apapun yang kamu kerjalan selama ini? *mungkin bisa keluarga kamu atau teman-teman dekat kamu (:
Kedua orangtua saya, almarhum Kakek saya, teman-teman baik yang sudah sukses, dan pacar--karena pemikirannya menarik untuk dieksplorasi ke dalam bentuk tulisan.


11. Gambaran tentang diri kamu dalam 10 tahun ke depan kayak apa yah kira-kira? Have you ever imagined it?  
Sudah menikah, punya anak, dan mungkin sudah memiliki sekolah sendiri.
(waw, ini keren banget!)


12. Last, pesan kamu dong buat seluruh anak muda yang kreatif di Indonesia!
 "Believe in dreams and strive to make them come true.
 
ImageHost.org


all pictures courtesy of Alanda @ AlandaKariza.com and Google.com


***

Terima kasih banget buat Alanda yang sudah meluangkan waktu untuk wawancara sederhana ini. Walaupun singkat, tapi gue seneng banget akhirnya bisa "ngobrol" secara nggak langsung dengan orang yang gue kagumi selama ini.

Pengen kenal lebih jauh lagi sama Alanda?
Silakan kunjungi website-nya di http://alandakariza.com
atau follow twitter-nya di @AlandaKariza

5 comments:

  1. great interview!
    all the best for 2011 ;)
    xoxo

    ReplyDelete
  2. great interview !

    happy early new year 2011 to you :)
    bisous xx
    glisters and blisters

    ReplyDelete
  3. Aw, what a wonderful post filled with so many goodies and so forth! You're so adorable- I love the last picture.

    Happy New Year!
    QUIRKYEXPLOSION.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. kyaaa, wawancara sama alandaaa.. ^^

    I love her directly abis baca buku barunya "dream catcher", have you read it? sumpah, itu keren banget! bener2 sosok Indonesian youth yang seharusnya. Cerdas, jiwa sosialnya juga tinggi. She's definitely my role model too. (:

    xoxo
    kelimutu

    ReplyDelete
  5. ^
    hai hai (:
    belommm, aku belum bisa beli nanti bulan depan baru bisa beli. Iyah, bukunya bener2 memotivasi buat kita2 anak muda untuk lebih berkembang dan nggak takut untuk mewujudkan mimpi kita! Yeaaay now we have same role model! :P thanks for comment anyway!

    ReplyDelete

Thank you for reading and commenting here. All comments are moderated and I'll reply to your comments daily, so please check back. Nice to chat with you (: