Pantai Batu Bolong, Canggu

Friday, July 24, 2015


Nggak tau kenapa, holiday season tahun ini seru banget. Liat feed Instagram dan Path para teman juga seru-seru amat liburannya. Rame-rame nge-post #summerholiday, #familytrip #beachtime, pokoknya everything about summer holiday. Walaupun nggak bener-bener liburan (soalnya tinggal di Bali tuh every day is holidayyyy *truestory*), tapi aku tetap mengosongkan 1-2 hari untuk full day jalan-jalan ke tempat yang belum aku pernah kunjungi.

Kali ini, aku dan Andreas pengen coba explore ke daerah Canggu. All I know about Canggu itu suasanannya tenang, adem, banyak kafe kecil yang lucu, dan hidden beach. Kami nggak sempat explore sampai gimana banget sih, soalnya waktu itu bawa mobil, jadi agak ribet kalau mau parkir, apalagi jalanan di Canggu lumayan sempit, kebanyakan jalan tembus lewat gang kecil.

After we had our nice breakfast at Home Mate, kami langsung capcus ke destinasi yang udah di-search Andreas yaitu, Pantai Batu Bolong. Liat gambar di Google, pantai ini cantikkk banget! Di tengah pantainya, ada karang bolong yang bikin view pantai ini jadi fantastik. 

Perjalanan dari Petitenget ke daerah Canggu nggak jauh, 30 menit udah sampai di lokasi pantai. Begitu liat laut, aku langsung semangat mau foto si karang bolong itu, tapi saudara-saudara.... karang bolongnya nggak ada! Beneran nggak ada. Karena kebetulan kami berdua agak sipit, matahari juga agak terik, kami coba membuka mata lebar-lebar. Well, karang bolong itu tetap nggak keliatan. Aku sampai nanya berkali-kali ke Andreas, "Mana bolongnya sih?", dia sendiri pun bingung, hahaha. 

Setelah ngecek di Tripadvisor sebelum nulis blog post ini, aku baru found out kalau "karang bolong" itu namanya Pura Batu Bolong, dan lokasinya ada di Lombok! Pantes aja ya, dicari-cari nggak ada tuh yang bolong di pantainya. Sampai nanya bli-bli SPBU pas perjalanan pulang keberadaan si "karang bolong" itu, he mentioned other beach's name, yang pada akhirnya kami berasumsi dia juga kurang tau, hahaha. Oya, "karang bolong" itu bukan karang, tapi pura yang berada di tengah pantai. Hampir sama kayak Tanah Lot, cuman ada bolongnya di bawah. Yang kami kunjungi di Canggu itu, namanya memang Pantai Batu Bolong.

Pantau Batu Bolong ini adalah salah satu spot terbaik buat para surfers, karena memang ombaknya guede banget. Pantes aja, pas perjalanan menuju ke pantai ini, banyak bule yang naik motor bawa papan surfing. Sepertinya akses untuk ke Pantai Batu Bolong ini nggak cuman satu. Soalnya akses yang dikasih tau Google Maps ini, menibakan kami di lokasi yang sama sekali nggak ada kendaraan parkir dan pengunjung. Kalau mau ke lokasi yang lebih ramai, kita bisa jalan kaki menelusuri pantai. Kita pun nggak bayar tiket masuk wilayah pantai, seperti tempat wisata umumnya. Karena ya mungkin itu tadi, akses jalan yang dikasih tau Om Gugel ini bukan akses umum. 


Moral of the story: kalau mau visit pantai yang ada di Bali, lebih baik cari informasinya sedetil mungkin. Soalnya yang aku tau, beberapa pantai di Bali, punya panggilan nama yang berbeda. Misalnya, Pantai Suluban lebih dikenal turis sebagai Blue Point. Awalnya aku pikir pantai itu harus diakses melalui hotel Blue Point, eh ternyata nggak. Pantai Suluban itu memang nama di kalangan penduduk lokal. Sama deh kejadiannya kayak si Pura Batu Bolong yang di Lombok itu, disangka sama dengan Pantai Batu Bolong yang ada di Canggu, hahaha. #lessonlearned

6 comments:

  1. nice sudden getaway! Really looking forward for your post if you visit Blue Point beach someday. It's really famous, I thought?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Janice!

      I visited Blue Point beach once but my personal opinion, it doesn't look nice as people said. I don't know, mungkin karena waktu itu lagi surut jadinya kering banget. But when I get chance to come back, I will post some pictures! Thank you so much dear for dropping by (:

      Delete
  2. Blogwalking and find your beautiful blog. :)
    What a nice view they got. I wish I could get a holiday soon. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Claudia! Thank you so much for dropping by! Nice to know you (:

      I hope your holiday is coming soon and have some fun! Take care <3

      Delete
  3. Cici ketjehhhh bangetssss. How I envy you that you actually can 'go on holiday' almost everyday since you're in that gorgeous island. Kapan-kapan aku main lagi ke sanaaaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan biar ketjehhh juga kayak kamoh hahaha Jadi kapan ke sini lagiiii, me and my red bike are waiting for you lhooo *winks*

      Delete