Joshua Is Officially One Month

Wednesday, October 5, 2016


Ternyata kalau udah punya anak, dikit-dikit yang ingin dibahas cuma tentang anak sendiri ya HAHAHA

Jadiii... Josh udah genap umur sebulan di bulan kemarin. YAY! 

1. Josh udah melewati growth spurt—di mana bayi mengalami percepatan pertumbuhan yang ditandai dengan menyusu lebih sering dan juga lebih rewel—di minggu ketiga dan keenam. 

Tadinya aku nggak ngeh kalau dia lagi growth spurt. Dari hasil googling, malah membuat panik. Jangan-jangan anak gue kenapa-kenapa lagi nih! Namun, ternyata fase ini normal dan dialami oleh semua bayi. Note to myself: nggak usah sok-sok menganalisa kondisi anak sendiri, ya!

Ciri-ciri growth spurt-nya Josh, tiba-tiba lebih rewel dari biasanya, susah tidur nyenyak di malam hari, tapi nyusunya berubah 'ganas'. Tiap malam aku harus bangun tiap satu jam untuk menyusui. Saking capeknya, aku sampai berharap seandainya suami juga bisa bantu direct breastfeed, hiks. 

Katanya setelah melewati fase ini, biasanya anak akan menunjukkan kercerdasannya yang baru. Entah itu bisa duduk tegak, merangkak, berdiri sendiri, dll. Semua tergantung usia si bayi sendiri, ya. Kalau Josh sendiri, "pinter"nya dia adalah, durasi nyusunya jadi lebih cepat. Biasanya Josh nyusu sekitar 30-40 menit. Sekarang dia cuma butuh sekitar 10-15 menit untuk nyusu (sampai kenyang), abis itu bobo pules lebih dari 2 jam. Horeee!

Selain nyusu lebih cepat, tidur malam pun udah nggak begitu drama lagi. Waktu growth spurt, nggak jarang aku marah-marah sendiri karena ini anak rewel banget, ngantuk tapi nggak mau tidur, sementara akunya ngantuk banget. Sekarang, sih, tiap jam 8 malam, habis nyusu Josh udah bisa langsung tidur pules dan kebangun lagi sekitar jam 11 atau 12 malam. Bobo pules selama 3-4 jam... lumayan banget, kan? 

Walaupun growth spurt akan datang lagi di bulan ketiga dan selanjutnya, namun baiknya kita merayakan apa yang sudah dicapai sampai hari ini. Setidaknya, aku jauh lebih rileks dan kalem menghadapi si bayi ini, hihi.

2. Penglihatannya Josh udah mulai jelas. 

Satu dua minggu pertama Josh lahir, he seemed a stranger for me. Ternyata itu dikarenakan si bayinya sendiri yang memang belum bisa melihat jelas. Menarik, ya? Katanya penglihatan new born itu sebatas hitam putih, mereka belum bisa mengenali orang atau objek di sekitarnya. 

Belakangan ini, Josh udah lebih fokus menatap orang yang sedang bicara di hadapannya. Contoh, kalau aku atau papanya lagi ngomong atau bercanda di depannya, matanya mendadak fokus dan tertawa. Harusnya, sih, nggak kebetulan ya. Soalnya dia kayak ngerti aja apa yang sedang kami bicarakan. 

3. Kenaikan berat badan yang menakjubkan. 

Nah, ini dia milestone yang berhasil bikin tiap orang kalau datang menjenguk ingin unyel-unyel pipi bakpaonya! 😆

Josh berhasil naik sebanyak 1,900 gram dari berat awal lahir. Dia lahir dengan berat badan 2,9 kg, terakhir doctor visit beratnya udah 4,8 kg aja. Dokternya aja sampai kaget dan tertawa, kok ini debay sehat amat, hauhahaha. Syukurlah ya, nak! Sehat-sehat terus kamu! 

4. Pertama kali keluar rumah.

Begitu umurnya genap 4 minggu, kami memutuskan untuk keluar rumah sekadar untuk jalan pagi bareng Josh. Sebenarnya, sih, mamanya yang lebih ingin keluar kandang. Karena kami nggak tinggal di komplek perumahan, diniatin banget lho ke perumahan lain untuk jalan-jalan pagi sekalian cari sarapan. Seger banget yaampun akhirnya bisa merasakan udara segar.


5. Josh si bayi pengertian. 

Somehow, aku merasa Josh sangat pengertian. Waktu dia rewel, aku coba komunikasi dengan dia seperti dengan orang dewasa, no baby talks. Entah kenapa kadang dia bisa mengerti, sih. Misalnya, waktu dia ngantuk tapi pengen nenen, belum lagi ASI agak deras, akhirnya dia nangis bete. Aku coba tenangin dia, bilang kalau ngantuk ya bobo, kalau mau minum ya harus tenang, kalau nggak keselek. Eh beneran lho, beberapa menit kemudian dia bisa lebih anteng dan akhirnya nenen sampai ketiduran. 

Mungkin karena pas hamil dulu, aku sering banget "ngobrol" sama Josh. So don't underistimate your baby. Walaupun mereka belum paham, tapi mereka bisa mendengar lho. Mungkin tipsnya, sabar-sabar aja, Buk, dengan bayinya masing-masing, hihi. 

Sekarang pencapaian Mamanya Josh. Iyaaa, Mamanya juga punya milestones dong! 

1. Breastfeeding udah jauh lebih asik. 

Ah masa, sih? XD

Breastfeeding yang diawali dengan love and hate relationship, akhirnya sekarang udah lumayan khatam dijalani. Repotnya hanya kalau dia lagi ngantuk dan pengen nyusu, agak tricky tuh ngatur posisinya, karena dia ngulet terus-terusan untuk mencari posisi pewenya sendiri. 

Overall, udah jauh lebih enak deh sesi breastfeeding ini. Sekarang bisa sambil main gadget atau nonton tv dengan tenang. Yang harus dilatih lagi adalah menyusui in public dengan nursing cover. Kalau nggak, masa mau nyusuin di mobil terus? Dan nggak semua tempat umum punya nursery room. Mudah-mudahan anaknya betah ditutupin pas nyusu, soalnya kadang kelakuan pas nyusu bisa agak brutal. Jangan ya, nak. Mama udah beli nursing cover lucu, lho buat kita berdua.
  
2. Ngurus Josh sendirian di rumah udah jauh lebih seru. 

Masih inget awal Josh masih bayi banget (sekarang juga masih bayi sih), aku hampir nggak bisa ngapa-ngapain selain standby di sebelahnya. Mandi pun deg-degan dia nangis. Paling parah kalau eike lagi mid-poo, kemudian dia pun menjerit. Terus, aku harus gimana dong? (':

Tapi sekarang puji syukur si bayi udah jauh lebih anteng. Asal kenyang, diaper bersih, ditinggal melek pun aman. Dan beneran udah jarang nangis kalau ditinggal sebentar. Ternyata bener ya, growth spurt bikin bayi makin pinter. Makasih ya, Josh, sudah bekerjasama dengan baik dengan Mama selama berduaan di rumah.

***
Walaupun aku pengen banget dia cepat besar—biar bisa diajak main dan pastinya traveling—tapi masa-masa sekarang juga nggak akan kembali. Kata orang bayi suka ngulet itu tanda pengen cepet gede, nah kamu tuh ngulet tiap saat lho. Sabar ya, kamu pasti gede kok. Nanti udah gede kamu nggak bisa lagi pup kapan dan di mana pun kamu mau, jadi enjoy hidup kamu sekarang, ya! 

Beberapa penampakan Josh selama sebulan ini. Ati-ati gemes! :P

 Ceritanya mau belajar pake dot lagi, tapi anaknya nolak

1 comment:

  1. He's cute! Enjoy motherhood while you can..awalnya memang berat but you 'll nail it!

    ReplyDelete