Apa Kabar Bayi dan Mama?

Monday, February 20, 2017


Minggu lalu Josh udah icip-icip bubur beras, berarti Josh udah 6 bulan dan aku udah jadi mama selama setengah tahun!

And thanks to Almighty God, both mom and son are survived. HOREEE!

Begitu Josh umur 3 bulan, baru berasa kalau bayi itu cepat sekali besarnya. Padahal awal-awalnya tuh waktu terasa lamaaaaa banget! Pengennya si anak cepat-cepat gede, bisa makan sendiri, bisa bobo sendiri, kalau bisa sekalian ganti popok sendiri. 

Dan tiba saatnya si bayik gembil ini makan-makan! Ngomong-ngomong, selama enam bulan ini ada cerita apa aja, sih? 

1. Perjalanan ASI selama 6 bulan

Sampai sekarang aku masih takjub dengan ASI. Kok bisa-bisanya magic liquid  ini mampu membuat bayi bertahan hidup selama 6 bulan?! Luar biasa, ya, Tuhan itu! 

Kalo inget perjuangan dan capeknya menyusui di awal—those sleepless nights and baby hungry all the times!—nggak nyangka juga selama 6 bulan ini Josh bisa tumbuh sehat hanya dengan minum ASI. Bersyukur banget produksi ASI selama ini dicukupkan. 

Selama hamil aku memang nggak pernah research soal ASI atau menyusui (mohon jangan ditiru. Research dan menambah ilmu itu penting!). Setelah dijalani, baru tahu ternyata menyusui itu nggak semudah (dan senatural) yang dipikirkan. Josh sempat hanya ingin menyusu dari salah satu sisi payudara. Waktu dia menginjak 2 bulan, mendadak susah latch-on. Gara-gara itu anaknya jadi rewel tiap kali menyusu dan aku sempat was-was kalo dia nggak kenyang.

Setelah bersabar dan mencoba untuk berlatih kembali, akhirnya Josh mulai menemukan caranya sendiri untuk menyusu dengan nyaman dan puji Tuhan sampai sekarang nggak pernah lagi ada masalah dalam hal ini. Paling gemes kalo lagi nyusu tapi harus memakai nursing cover. Josh maunya diliatin emaknya terus (takut emaknya ilang apa yak kalo ditutupin). Tapi kalo diliatin, anaknya malah senyum-senyum dan nggak nenen. Alhasil, waktu LDR-nya dateng dan nggak kesedot, nyembur lah ke mana-mana *TMI, much?*

Walaupun udah banyak yang ngomong soal ASI, but still here are some of my notes:
  • Jaga mood supaya hepi selalu selama menyusui. ASI is a mind-game. Daripada mikir ASI kurang terus, lebih baik pikir positif kalo ASI kita cukup dan terus usaha supaya bisa supply lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan si kecil. 
  • ASI juga supply by demand, semakin banyak permintaan semakin banyak produksinya. Jadi harus sering-sering menyusui atau pumping. Karena aku menyusui langsung jadi memang jarang pompa. Biasanya baru pompa kalau PD mulai terasa penuh, sementara Josh belum pengen nyusu atau masih tidur.
  • Gapapa banget kalo pengen belanja nursing wears banyak-banyak, karena itu amat sangat berguna dan super praktis! Apalagi sekarang modelnya cakep-cakep (haiii NyoNya dan Matroishka!), yang mana kalau udah nggak menyusui pun masih bisa dipakai untuk sehari-hari. 
  • Nggak usah terlalu dipikirin mau nyusu sampai kapan. Enjoy aja. Karena bakal kangen banget yang namanya rasa dibutuhkan oleh anak saat mereka lapar dan butuh tidur, just because kita (ibu-ibu tentunya) pabrik susunya! 

2. Josh menolak botol susu

Beberapa minggu sebelum pulang ke Bali, aku mencoba untuk menawarkan ASIP lewat dot yang mana sukses ditolak mentah-mentah. Dotnya dilepeh berulang kali secara konsisten. Terus aku mikir, mungkin nanti kalo laper banget, mau nggak mau pasti disedot. Berkat pemikiran 'pintar' tersebut, aku nggak bottle training Josh lagi dan tetap direct breastfeeding seperti biasa.

Tiba saatnya di Bali, papa dan mamanya Josh pengen nge-date dan nitip Josh ke popo kungkungnya. Sebelum keluar, aku memompa sambil berdoa mudah-mudahan Josh mau ngedot. 

Kami berdua pun berangkat dengan hati bersorak-sorai karena udah lama nggak pegi berduaan. Deg-degan, sih, pasti. Karena ini pertama kalinya ninggalin Josh di rumah. Aku berusaha nggak terlalu worry, jadi aku nggak nge-chat orang rumah. Kapan lagi bisa nge-date di Bali bareng suami setelah sekian lama. Harus dinikmati dong. 

Kira-kira hampir satu jam kemudian, abis makan dan ngopi, aku nanya sikon orang rumah, dan balasannya bikin hati langsung serrr serrr. 

"Kamu pulang sekarang deh." 

JENG JENG.

Singkat cerita, anakku ngamuk sodara-sodara. Mamaku bilang Josh lapar disusul ngantuk. Jackpot banget, kan. Dikasih dot ogah, dikasih empeng juga nggak mau, akhirnya ngamuk sejadi-jadinya. Mungkin kalo dia bisa ngomong, dia bakal menjerit seperti ini, "I NEED MY MOM ('s breasts), NOW!". Orang rumah yang taunya Josh anak alim dan anteng, begitu ngamuk syok semua 😂

Setelah mendapatkan pesan singkat tersebut, kami berdua terpaksa mengakhiri sesi dating lebih cepat. Begitu sampai di rumah, Josh sedang bobo digendong poponya sambil sesunggukkan, kecapekan nangis histeris. Kaciannnn anak mama (':

Sejak saat itu mama mengusulkan untuk bottle training Josh. Karena nanti yang repot aku sendiri. Kalau mendadak harus ngapa-ngapain dan menitipkan Josh di rumah gimana dong? Aku sendiri nggak paham harus senang atau sedih mengetahui kalo Josh menolak botol susu. 

Setelah dipikir berulang dan ngobrol dengan kakak ipar yang tidak memberi dot kepada dua anaknya, aku bertekad untuk nggak bottle training Josh. Menurut kakak ipar, anak yang biasa ngedot susah lepasnya. Emang, sih, ini semua balik ke masing-masing anak dan gimana ortu mendisiplinkan mereka. Buatku pribadi, susah lepas nenen mungkin lebih nggak ribet daripada lepas dot. AGAIN, ini hanya pikiran "pintar" seorang ibu baru. Nggak, tahu, deh proses menyapih nanti gimana ceritanya... 

Terus kalo terpaksa harus dititipin lagi gimana? Mudah-mudahan setelah mulai MPASI ini, ditinggal 2-3 jam bisa diganjel oleh minum atau cemilan. Mohon doanya, yak! 

3. Lulus naik pesawat pertama kali ke Bali! 

Anaknya kalem, cyinnn, di pesawat. Hanya waktu pulangnya aja sempat ngamuk beberapa menit sebelum take off. Antara ngantuk dan lapar atau masih betah di Bali (itu sih emaknye :P).

Sebelum boarding, Josh udah sempet rewel. Harusnya memang aku nenenin dulu supaya tertidur. Cuma waktunya mepet banget, alhasil di pesawat petjahhh, deh. Kalo udah cranky mau diapain juga salah. Sampai-sampai penumpang sebelah yang seorang bapak-bapak—yang mungkin melihat pasangan muda ini bergulat dengan sang anak—menyahut, "Anaknya laper kali, Bu.". Yang kemudian hanya bisa kubalas dengan tatapan judes sambil membatin, "Itu, sih, gue udah tahu, Pak! Ini nggak liat apa diposisiin nenen aja ngamuk?!" 

Nggak beberapa lama setelah dikelonin bapaknya, puji Tuhan ketiduran. Namun, tidurnya hanya bertahan setengah jam, setelah itu melek sampe landing! Tapi perjalanan dari Bandara Halim sampai Bogor, sih, anaknya pingsan 😆

 Selfie dulu sebelum take off ke Bali

Mungkin beberapa bulan ke depan bakal naik pesawat lagi (dan mungkin ke Bali lagi, sih). Latihan 'terbang' sejak dini ya, nak. Biar mantap dan kita bisa traveling, deh!

4. Josh's personality

Josh started to show his personality when he turned two months old.  

Hasil observasiku, sih, Josh smiles to people who smile to him, atau kalo orang yang punya muka-muka ceria dan penuh ekspresi gitu, nggak perlu kontak mata, Josh bisa ketawa sendiri. Terus, kalo muka orangnya sepet, Josh nangis gitu? Believe it or not, yes. Hahahaha! Anaknya siapa coba ini?

Josh 2 mos - muka hepi 

Siapa, sih, yang bikin kamu bete gini? 
Josh: aku mau nenen!!!! *menjerit dalam hati*

Selain itu, cah lanangku lebih suka kalo ada teman main. Kalo udah bosen sendirian, dia nggak sungkan untuk teriak sekenceng-kencengnya sampe yang di lantai bawah pun kedengaran. Kalo doi udah teriak, serasa di Jurassic Park deh! 

 "Ah, mama bisaan ajah!" *terus muka mamanya dicaplok*

But sometimes he doesn't mind to play alone too in his playpen. Walaupun kadang suka tetiba ketawa sendiri gitu, terus emaknya cemas-cemas horor HAHAHA.

Sekarang gantian cerita mamanya Josh, ya. Eh, perlu update-an emaknya nggak, sih? Perlu donggg, yah! *jawab sendiri*

1. Life begins when you have a baby

...quoted by my mom.

Literally said, life begins every day lah yah. Hanya semenjak punya anak, rasanya hari-hari beda aja. Prioritas hidup berubah, mau ngapa-ngapain mikirin anak dulu. Nggak bisa lagi, deh, nurutin langsung keinginan pribadi.

Contohnya, beberapa waktu lalu sempat pengen banget nonton bioskop waktu masa-masa Cek Toko Sebelah dan La La Land sedang naik tayang. Udah nekad bawa Josh aja deh masuk bioskop. Namun, setelah mikir 1000x sebaiknya tahan dulu, deh. Daripada dag dig dug anaknya tiba-tiba ngamuk di bioskop (wolopun pada dasarnya anteng, anakku tetap sulit ditebak), yang ada jadi nggak asik nontonnya.

Nggak cuma soal itu, punya anak juga merubah kebiasaan hidup kita.

Perubahan yang paling dirasa itu adalah jam tidur. Bokkkk, semenjak Josh lahir, pengennya jam 8-9 malem udah bobo aja deh! Begitu anaknya plek di ranjang, kitanya juga pengen molor ajah sampe pagi. Bangun jam 4-5 pagi pun kayaknya udah biasa banget. Yah walaupun kadang nggak pengen melek juga hahahaha. Abis baca ini, mungkin yang belom nikah langsung membatin, "Ih jadi orangtua itu kayak 'orang tua'. So boring!".

As boring as it sounds/seemes, jadi orangtua ada keseruannya sendiri kok. Yes, waktu hangout berkurang. Yes, waktu rumpi berkurang. For me it's totally fine. Semuanya masih bisa dilakukan kapan pun, namun tidak dengan momen pertama kali anak tiba-tiba bisa ngerangkak, terus berdiri sendiri, abis itu jalan sendiri. Yang kayak gitu, kan, nggak datang dua kali. 

Tentu saja aku tetap berusaha untuk keep my life in balance, lahh. Sebulan sekali diusahain banget untuk nongki bareng teman atau sekadar catching up. Me-time dan dating sama papanya Josh juga masih jalan. Intinya, papa mamanya Josh nggak boleh kuper. Cita-cita menjadi millenial parents yang seru tetap harus berjalan. Dan moto kami tetap sama dong: happy parents happy kids!

2. Galau pengen punya mom friends

Related pada poin nomer satu yah ini.

Kalo lagi ketemu teman yang belum nikah atau belum punya anak, rasanya nggak fair buat mereka kalo aku cerita soal anak/marriage life. Karena curhatan emak-emak udah beda kasta. Sebisa mungkin aku nggak terlalu banyak ngomongin Josh atau curhatan khas ibu rumah tangga, tapi mereka malah nanyain terus. I never knew they really want to know about it or sekedar basa-basi. Situasinya persis di video ini, deh.

Untungnya aku ngeblog dan baru sebulan terakhir ini aku rajin blogwalking ke blog emak-emak lainnya. Walaupun nggak kenal secara langsung, seenggaknya baca blog mereka nggak ngerasa sendirian. Semoga suatu hari ada kesempatan buat kenalan langsung, ya!

3. Berat badan kok belom balik normal lagi, ya??

Konon, berat badan ibu menyusui itu cepat turun. Kayaknya itu mitos, deh... atau berlaku hanya untuk ibu-ibu tertentu termasuk gueh. 

Habis melahirkan berat badanku memang turun blas 7 kg (masa kehamilan cuma naik sekitar 12-13 kg), tapi belum ke angka semula. Tapi aku paham banget, sih, kenapa BB segini-segini aja. Soalnya tiap abis nyusuin, bawaannya laper mulu. Bukannya ngurangin makan, yang ada makin kalap. Mau diet tapi nggak dikasih, karena katanya nanti nggak cukup asupan buat si dedek. Entah harus bahagia—karena bisa makan terus sesuka hati—atau sedih karena perut masih ada jendulnya.

Etapi perut jendul kata Andreas gara-gara makan banyak tapi nggak olahraga. Hisss, bener juga.

Tapiiii... since Josh begins to eat solid, mudah-mudahan bisa diet perlahan-lahan. Mudah-mudahan juga bisa diselingin olahraga lagi (yang ini masih ragu HAHA). Aminnn.

***
After all, jadi mama itu amat sangat... apa, ya? Susah, berat, stress, capek, penuh tantangan. Namun, nggak bisa bohong di saat merasakan itu semuaplus mata panda, rambut berminyak karena nggak keramas berhari-hari, pake piyama sehari-hari di rumahmelihat mata berbinar-binar dan tingkah gemesin si kecil, feels like I'm just doing alrite. We're doing alrite. 

Selamat enam bulanan, anakku sayang. Mwah!

12 comments:

  1. Aku mah semangat banget tau Mom baca soal updates beginian though banyakan silent reading aja, mayan belajar buat bekal masa depan hahaha. Glad to see Joshie has grown soooooo big and happy. Gemesh banget pengen gendong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hauhahaha makasih banget yaa kamu udah baca. Soalnya sekarang blog aku isinya kalo nggak Josh ya curhatan emak kayaknya :P
      Josh miss his onti Sas so much lho (and his mom miss you too!). Kudoakan karir kamu lancar di sana biar cepet main ke sini lagi ya!

      Delete
  2. hello hello jane and josh! wihii aanak si mami udah tambah gede aja, sehat - sehat terus ya!!! mamam yang pinter juga!!! aaku juga sempet galau pengen punya mom friends, tau banget rasanya .. puji Tuhan sekarang udah dapet hehehe .. kamu sini sini aku temenin hehehe ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello hello mami Gide yang kece, makasih banget ya buat doanya! Iyaa rasanya kalo ada mom friends curhatnya bisa totalitas hahaha Mudah-mudahan kita bisa ketemuan yah ci (:

      Delete
  3. Masalah nenen langsung sama pake botol emang dilema. Kalo nenen langsung anaknya jd depending ke mama nya terus. Mamanya bisa kecapean karena gak ada yg bs bantu. Kalo pake botol takut keterusan minum pake botol sampe gede.

    Kita ngalamin dua dua nya. Pas andrew nenen langsung dan anaknya gak mau minum pake botol sama sekali. Akibat nya esther gak pernah bisa tidur pules karena Andrew nenen bisa tiap jam kalo malem. Hahaha.

    Pas emma kita ajarin ganti ganti an sama botol. Jd lbh gampang. Gw bisa bantu in. Tp emang jd nya sleep association nya ya botol susu itu. Susah lepas nya. Tp akhirnya lepas juga sih Hahaha.

    Kalo ditanya yg mana lbh Ok buat kita. Kita sih lbh suka yg kedua. Karena proses nya jd lbh gampang for everyone. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang semuanya itu punya dua sisi yah, ko. Tapi buatku pribadi sampai sekarang ini masih enjoy direct breastfeeding, walaupun kalo malem lagi ngantuk banget rasanya capek juga, suami mau bantu juga bingung mau bantu gimana hahaha.

      Thanks banget ko sharing-nya. Siapa tau anak kedua nanti lain cerita lagi (:

      Delete
  4. anakku juga umur 4 bulan susah banget minum pake botol susu, mau sih tapi lama banget.. puncaknya pas 7 bulan gara2 lebaran ditinggal 2 minggu sama suster kan nyusu langsung terus tuh, dari situ bener2 stop ga mau botol susu... akhirnya minum langsung pake gelas, atau disendokin... pas uda bisa nyedot mulai pake sedotan... bagus sih, jadi ga perlu cape2 nyapih botol susu... cuma ini nyapih nenennya susah banget hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Jayden sampai sekarang masih nenen? Soalnya kalo nenen langsung itu praktis banget buatku, kalo Josh nggak mau ngedot yauda gapapa. Paling ya saatnya nyapih nanti harus ekstra tegar dan tega hahaha. Thanks sharing-nya, ci Mel!

      Delete
  5. Soal perut jendul jangankan km yg anaknya br 6 bulan, anakku uda 1 tahun lebih maminya jg masi jendul kok, walaupun uda dibantu olahraga, hehehe soalnya makannya tetep banyak, kebiasaan saat nyusuin x yah, duh gawat.. Salam kenal yah jane :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii salam kenal juga yaa!

      Iya betul, kalo olahraga tapi makannya tetep banyak kayaknya perut nggak kempes-kempes yah hahaha. Moga-moga ke depannya bisa mulai exercise lagi, deh. Makasih udah mampir yah! (:

      Delete
  6. Life begins when you have a baby! Hahaha ay ay agree. Yeay for you and Josh, you both have been surviving horraaayyy! Salam ya buat uncle Josh si dokter muda hahahaha. Maaf ya Josh, onty Gesi misfokus ke uncle nya ih **mendadak lupa suami** lol

    ReplyDelete
  7. haaaii mommy josh! salam kenal ya, itu baby josh lucuuk banget sih *cubit cubit gemess* kalau ngeliat bayi lucu lucu gini bawaannya memang pengen cepet punya, huehehe, tapi kalau tau cerita ibu ibu baru punya bayi di luar sana perjuangannya kayak apa, mungkin karena itu sekarang belum waktunya, hehe.
    semangat mommy josh~

    ReplyDelete